KABAR / Artikel

Peran Penting Keluarga di Mata Presiden RI

26 Juni 2018 14:36 WIB

Melalui akun twitter pribadinya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menuliskan “keluarga penting sekali, karena mereka selalu memberikan semangat ketika kita menghadapi berbagai tantangan”.

Pada beberapa 'cuitannya' pula, Presiden Jokowi kerap menyampaikan pentingnya waktu bersama keluarga di sela kesibukan kita. Pesan tersebut tentu saja menginspirasi keluarga Indonesia. Apalagi disampaikan menyongsong peringatan Hari Keluarga Nasional XXV Tahun 2018.

Bukan sekedar kata-kata. Pesan itu dibuktikan sendiri oleh presiden di saat-saat libur nasional menjelang. Saat libur nasional memperingati Wafat Isa Almasih, Jumat (30/3) pagi, misalnya, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana dan anak, menantu, serta cucu me­nikmati makan bersama di Soto Gading, berlokasi di Pasar Kliwon, Solo.

“Libur panjang akhir pekan ini saya bersama keluarga kembali menikmati hidangan Kedai Soto Gading,” tulis Presiden Jokowi melalui fanpage facebook-nya.

Tak memilih tempat eksklusif, mantan Walikota Solo itu memilih Kedai Soto Gading langganannya. Kedai ini sudah berdiri sejak lebih 40 tahun lalu di daerah Pasar Kliwon, Solo.

 

Peran penting

Bagi Presiden Jokowi, keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam membangun peradaban bangsa. “Bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang kuat dan sejahtera jika keluarga-keluarga memiliki ketahanan,” ucap presiden.

Pesan itu, sekali lagi, membawa warna tersendiri di saat bangsa ini menyongsong peringatan Harganas XXV Tahun 2018 yang berlangsung di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Mengapa Kota Manado ditetapkan sebagai lokasi puncak peringatan? Itu tak lain karena keseriusan pemerintah se­tempat yang meminta puncak peringatan Harganas 2018 dipusatkan di Kota Manado.

Selain juga karena komitmen yang tinggi Pemkot Manado dalam membumikan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Nasional. Alhasil, dalam beberapa capaian, indikator program KKBPK di Kota Manado di atas target nasional.

“Sudah sejak tahun lalu kami meminta ke BKKBN pusat agar tahun ini Harganas digelar di kota kami,” ujar Walikota Manado, Vicky Lumentut, kepada Jurnal Keluarga.

Penting bagi Kota Manado menjadi pusat perhatian melalui kegiatan Akbar Harganas 2018 yang dihadiri sekitar 12.000 tamu undangan, menurut Vicky, lebih karena daerah ini kaya akan destinasi wisata dan kuliner yang membutuhkan promosi.

 

Nilai Strategis

Harganas memiliki nilai strategis bagi bangsa Indonesia, karena sesungguhnya keluarga, khususnya kependudukan merupakan ‘center of development’.

Bagi bangsa Indonesia, keluarga adalah unit terkecil dalam masyarakat yang terdiri dari suami istri, atau suami, istri dan anaknya, atau ayah dan anaknya, atau ibu dan anaknya, yang merupakan lingkungan pertama & utama dalam pembinaan tumbuh kembang, menanamkan nilai-nilai moral dan pembentukan kepribadian.

Keluarga adalah juga tempat belajar bagi anak dalam mengenal dirinya sebagai makhluk sosial. Dan hanya keluarga yang berketahanan yang akan mampu menepis pengaruh negatif yang datang dari luar.

"Keluarga yang berketahanan dan mampu melaksanakan fungsi-fungsi keluargalah yang dapat menjadi landasan dalam mewujudkan keluarga bahagia sejahtera,” ujar Plt. Kepala BKKBN, Sigit Priohutomo, pada satu kesempatan.

Maka, berpijak pada pesan Presiden Jokowi, saatnya bangsa ini kembali ke keluarga. Jadikan keluarga sebagai wahana menyemai nilai-nilai luhur budaya bangsa.

Bangun dan kokohkan 4 pilar keluarga berketahanan: berkumpul, berinteraksi, berdaya dan berbagi. Itulah 4 pilar keluarga berketahanan yang disodorkan Presiden Jokowi dan menjadi kompas pembangunan keluarga yang berinduk pada ‘Cinta Keluarga, Cinta Terencana’.

 

(san)

Sumber foto: Politik Today

Bagikan:

Kegiatan

Logo Harganas Single
Info Medsos dan Web

Konten Terkait

FOLLOW, LIKE, SHARE