KABAR / Artikel

Menggelar Pelayanan KB di “Sail Karimata”

14 November 2017 19:47 WIB

Diawali sejak 2009 dengan Sail Bunaken (di Sulawesi Utara), pemerintah hampir tiap tahun menggelar sail sebagai upaya antara lain meningkatkan perekonomian masyarakat dengan segala imbasnya serta memberikan pelayanan di bidang soasial maupun kesehatan.

Tahun ini giliran Sail Selat Karimata digelar, berawal di Pan- tai Datok, Kayong Utara, Ka- limantan Barat. Pada Sabtu (15/10) itu, Presiden Joko Widodo meresmikan puncak acara tersebut. Dalam sambutannya Presiden menekankan kepada jajaran di bawahnya agar Sail Selat Karimata tidak hanya sekadar seremoni, namun harus ada manfaat yang besar bagi warga yang di kunjungi. Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Barat menjadi pelaksana kegiatan tersebut.

Pelayanan KB dan IVA berlangsung di Puskesmas Sukadana. Tak kurang dari anggota Komisi IX DPR RI dr. Karolin Margret Natasha mengunjungi kegi- atan ini. Karolin berkunjung bersama Kepala BKKBN Surya Chandra Surapaty, Deputi KB dan Kesehatan Reproduksi BKKBN dan Direktur Bina KB Jalur Wilayah dan Sasaran Khusus BKKBN. Ikut mendampingi Plt. Kepala Perwakilan BKKB Kalbar, Uung Kusmana.

Peserta KB yang dilayani sebanyak 23 akseptor, terdiri satu orang akseptor KB implant, 20 akseptor IUD, dan satu akseptor suntik. Sebanyak 23 akseptor melakukan pemeriksaan IUD yang telah dipakai dan sekaligus melakukan pemeriksaan IVA.

"Tidak boleh berhenti hanya sebatas ser- emonial semata. Saya tidak ingin nanti setelah sail ini berakhir juga langsung sepi, langsung senyap, tidak ada dam- paknya bagi pergerakan ekonomi rakyat di daera. Ini yang tidak saya inginkan," tandas Presiden Jokowi.

BKKBN mengambil bagian dalam momentum tersebut berupa pemberian pelayanan KB dan IVA gratis kepada masyarakat Kabupaten Kayong Utara.

SADAR KESPRO

Dalam kegiatan ini Direktorat Kesehatan Reproduksi BKKBN juga turun langsung memberikan konseling sadar kesehatan reproduksi sejak dini. Tujuannya, untuk meningkatkan capaian kontrak Kinerja (KKP) melalui kegiatan pelayanan KB mobil di wilayah Kayong Utara, dan pelayanan KB metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) serta pemeriksaan IVA gratis.

Kegiatan ini merupakan wujud partisipasi BKKBN menyukseskan kegiatan Sail Selat Karimata sekaligus momen untuk melakukan advokasi KIE Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Selain juga sebagai wahana penyampaian materi revolusi mental melalui keluarga. Keluarga di Kabupaten Kayong Utara, di antaranya dengan menyisipkannya di saat sosialisasi KB medis operasi pria (MOP). Kegiatan itu berlangsung di Gedung Anugerah Sukadana, diikuti 40 pasangan usia subur (PUS).

Bukan sebatas itu. Perwakilan BKKBN Kalbar bekerjasama dengan Perkumpulan Kontrasepsi Mantap Indonesia (PKMI) Kalbar juga membuka pela- yanan medis operasi wanita (MOW). Berlokasi di RS Agoes Djam Ketapang, akseptor yang mendapat pelayanan sebanyak 22 orang. Mereka datang dari Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang. Kepala BKKBN Surya Chandra juga berkesempatan untuk mengunjungi para akseptor MOW ini. (BKKBN Kalbar/her/sara)

Bagikan:

Kegiatan

Logo Harganas Single
Info Medsos dan Web

Konten Terkait

FOLLOW, LIKE, SHARE