KABAR / Artikel

BKKBN KONSELING KB DI SULTENG EXPO 2017

17 April 2017 23:50 WIB

Palu, Metrosulawesi - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah memberikan layanan konseling KB di stand BKKBN Sulteng Expo 2017, di Halaman Masjid Agung Darussalam Palu.

Pantauan Metrosulawesi, stand BKKBN sulteng ini tampak diminati pengunjung, khususnya bagi keluarga muda. Fasilitator BKKBN Sulteng, Annidhama selaku pemberi layanan konseling menerangkan, layanan konseling KB yang diberikan berupa pemahaman seputar pemilihan dan penggunaan alat kontrasepsi.

“Kami memberikan semua layanan kontrasepsi, salah satunya alat kontrasepsi jangka panjang dengan metode pemasangan AKDR atau alat kontrasepsi dalam Rahim. Ada juga implant atau yang biasa disebut susuk KB,” terang Annidhama saat ditemui di Stand BKKBN Sulteng pada Sabtu malam, 15 April 2017.

Menurut penjelasan Annidhama, masyarakat yang menerima layanan konseling memberi respon positif setelah mendapatkan informasi seputar alat kontrasepsi jangka panjang yang sebagian besar belum pernah diketahui.

“Animo masyarakat sangat bagus, karena mereka ingin mengetahui tentang alat kontrasepsi. Apalagi kebanyakan masyarakat. Khususnya di kota menggunakan alat kontrasepsi yang menerut mereka simple, seperti alat kontrasepsi hormonal dengan metode suntik dan pil, tepi ternyata efeknya tidak baik. Makanya setelah mendapat penjelasan tentang alat kontrasepsi jangka panjang, mereka sangat senang karena tidak mempengaruhi hormonal dalam tubuh,” jelasnya.

Dia menambahkan, layanan alat kontrasepsi lainnya yang diberikan yaitu AKBK (Alat Kontrasepsi Bawah Kulit), Kontap Pria (Vasektomi) dan Kontap Wanita (Tubektomi).

Selain memberi konseling KB, BKKBN juga menyediakan konseling remaja dengan fasilitator Perwakilan Genre SUlteng.

“Remaja diberi konseling untuk meningkatkan kreativitas yang dimiliki melalui simulasi oleh Genre. Selain itu, juga diberi pemahaman seputar pencegahan HIV/AIDS,” tandas Annidhama.(mic)

Bagikan:

Kegiatan

Logo Harganas Single
Info Medsos dan Web

Konten Terkait

FOLLOW, LIKE, SHARE