KULON PROGO, BKKBN — Dalam rangka Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari, BKKBN bekerjasama dengan Paguyuban Wartawan Kulon Progo mengadakan kegiatan Bakti Sosial dan Pengobatan Gratis.

Kegiatan ini sekaligus menjadi ajang Promosi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Pencegahan Stunting.

Kegiatan ini berlangsung di Joglo Sasana Puspita Budaya, Desa Banjaran, Hargomulyo, Kabupaten Kulon Progo (DI Yogyakarta), Jumat (02/02/2024).

Kepala BKKBN, Dr. (H.C.) dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K), di sela kegiatan pemeriksaan kesehatan warga di acara tersebut mengatakan bahwa pers bisa menjadi penyuluh yang mengedukasi masyarakat.

“Hari Pers mestinya bisa menjadi hari untuk mengedukasi masyarakat. Karena peran pers juga salah satunya adalah edukasi informasi. Mengedukasi tentang kesehatan, memberikan informasi tentang kondisi tubuhnya. Banyak orang yang merasa sehat ternyata setelah diperiksa ada masalah,” ujar dokter Hasto.

Selanjutnya, kata dokter Hasto, bila tidak ada baksos biasanya masyarakat datang memeriksakan diri di fasilitas kesehatan ketika sudah merasa tidak sehat. “Harusnya dengan baksos ini (masyarakat yang sakit) bisa teridentifikasi lebih cepat,” tutur dokter Hasto.

Ia pun menunjukkan hasil. “Tadi saya nunggu yang baru periksa saja, baru saya nunggu ada satu sudah ketahuan bahwa ternyata Hb-nya cuma 8,9. Artinya, dia anemia. Setelah saya tanya, anaknya kembar. Dia kalau enggak KB, hamil lagi, anaknya pasti stunting,” tambahnya.

Dokter Hasto mengatakan, media massa mempunyai peran yang strategis, tidak hanya untuk masyarakat namun juga menggerakkan mitra untuk berkontribusi.

Ia pun menekankan pentingnya berinovasi dan berkreativitas pada makanan untuk anak-anak, karena menjadi kunci dalam pemenuhan gizi seimbang mereka.

“Penyajian makanan yang disukai oleh anak-anak itu penting sekali. Termasuk kemasan yang disukai anak-anak. Itu kunci kalau menurut saya.”

Sementara itu, Ketua Paguyuban Wartawan Kulon Progo, Asrul Sani, dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan baksos ini merupakan satu rangkaian dengan acara peringatan Hari Pers Nasional 2024, yang puncak acara akan diselenggarakan Rabu (07/02/2024), di SMAN 1, Wates. Sebagai pembicara Pj Bupati dan Kapitel DIY, serta pembicara dari KPU.

Ikut berpartisipasi dalam kegiatan baksos ini di antaranya Hotel Ibis by Novotel, Kimia Farma, dan RS Khusus Ibu dan Anak Sadewa. n

Penulis: Rizky Fauzia
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Jumat, 2 Februari 2024

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.