BENGKULU, BKKBN — Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina Geothermal Lampung ikut mendukung percepatan penurunan dan penanganan stunting di wilayah Talang Leak, Kabupaten Lebong, Provinsi Bengkulu.

Perusahaan telah menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk mendukung program tersebut yang menjadi program prioritas nasional (Pro-PN).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu, M. Iqbal Apriansyah, mengapresiasi empati perusahaan sehingga tercegah tumbuhnya potensi stunting baru di Bengkulu.

Intervensi Pertamina dilakukan bekerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten setempat sejak 2023 lalu.

“Dukungan BUMN tersebut merupakan sebuah bentuk kolaborasi lintas lembaga dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menyongsong Indonesia Emas 2045,” ujar Iqbal, Jumat (2/2/2024).

Melalui bantuan dana CSR pada program “Talang Leak Bebas Stunting” (Tebas Stunting), Pertamina mewujudkan intervensi berupa pemberian bantuan sembako dan ternak (ayam) kepada ibu hamil kurang energi kronis (KEK) dan anak-anak berisiko stunting.

Berdasarkan hasil pemutakhiran Pendataan Keluarga (PPK) 2023, dari 30.674 keluarga di Kabupaten Lebong terdapat 7.651 berisiko stunting, di antaranya kelompok bayi dua tahun (0-23 bulan) sebanyak 1.712, balita sebanyak 4.129, dan 681 pasangan usia subur (PUS) hamil. Sementara itu, kelahiran pada kelompok remaja usia 15-19 tahun masih sebesar 51/1000 Wanita Usia Subur (WUS).

Melalui kerjasama tersebut diharapkan dapat menekan kasus stunting di Kabupaten Lebong dan di Provinsi Bengkulu pada umumnya. Pada 2021 prevalensi stunting di Kabupaten Lebong berada pada angka 23,3 persen, hasil Survei Status Gizi Nasional (SSGI) 2022 menurun ke angka 18,73 persen.

Dukungan berbagai komponen diharapkan mampu menurunkan dan menekan potensi lahirnya stunting baru di Provinsi Bengkulu.

“Kerjasama antar lembaga juga diharapkan dapat berkesinambungan serta menumbuhkan kepedulian dari perusahaan lain di Bumi Rafflesia melalui tanggung jawab sosial para pihak.*

Penulis : Idris Chalik
Editor : Rofadhila Azda, S.I. Kom, MA/Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis : Jumat, 2 Februari 2024

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.