TERNATE, BKKBN — Demi memperkuat peran mitra kerja dalam percepatan penurunan stunting, Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara, Nuryamin, S. TP, MM, melakukan audiensi dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Maluku Utara, Brigjen Pol. Deni Dharmapala, SH, SIK, MH.

Dalam audiensi yang berlangsung di Kantor BNN Maluku Utara, Selasa (30/01/2024), Kepala Perwakilan BKKBN Malut menyampaikan program Generasi Berencana (GenRe) yang sangat sentral dalam pencegahan stunting.

“Di kami ada program GenRe di mana tahun ini sudah hampir di semua tingkat desa/kelurahan terbentuk Duta GenRe. Mereka memberikan edukasi di antara teman sebaya secara berkesinambungan, sehingga pencegahan stunting optimal dilakukan,” ujar Nuryamin.

Nuryamin juga mengemukakan tentang slogan GenRe yang menunjukkan program inisiasi BKKBN ini anti terhadap napza. “Ada tagline Salam GenRe yang memiliki arti pertama, tidak melakukan pernikahan pada usia dini. Kedua, tidak melakukan seks pranikah. Ketiga, tidak mengkonsumsi napza (narkotika, psikotropika, dan zat aditif),” tambahnya.

Kepala BNN Brigjen Pol. Deni Dharmapala menyampaikan bahwa remaja rawan terhadap pengaruh napza. “Remaja menjadi target oknum tertentu dalam mengkonsumsi napza sehingga ini sangat berbahaya. Kami sudah berupaya memberikan edukasi terkait bahaya maupun efek buruk bagi masa depan mereka,” ujar Brigjen Pol. Deni Dharmapala.

Brigjen Pol. Deni mengatakan melalui program GenRe, kolaborasi BKKBN dan Polri akan mampu memaksimalkan peran remaja sebagai konselor sebaya dalam mengedukasi dan mengkampanyekan bahaya mengkonsumsi napza. “Salah satu dampaknya akan berpengaruh pada anak menjadi stunting,” pungkasan.

Audiensi dihadiri Korbid P2M BNNP Malut, Drs. Hairuddin Umaternate. M.Si; Korbid Rehabilitasi BNNP Malut, Jaenudin Hi. Samad, SKM, MPH; Ketua Tim Kerja Hubungan Antar Lembaga, AKIE dan Kehumasan Perwakilan BKKBN Maluku Utara beserta anggota serta Satgas Stunting Provinsi Maluku Utara.*

Penulis : Indra Gumbira Rukmana
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Selasa, 30 Januari 2024

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.