KENDARI, BKKBN — Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara mulai tahun 2024 ini akan meluncurkan program baru yang diberi nama OMEGA atau Obrolan MEngenai keluarGA.

Program ini digarap Tim Kerja HALAKIEMAS (Hubungan Antar Lembaga, Advokasi KIE dan Humas) BKKBN Sultra yang saat ini dinakhodai Dr. H. Mustakim, M.Si.

Program Omega adalah program drama singkat/pendek dengan durasi antara 4 – 10 menit yang akan ditayangkan lewat media elektronik dan/atau media sosial. Materi yang akan dimunculkan dalam program tersebut adalah obrolan-obrolan kecil atau obrolan sehari-hari tentang kejadian-kejadian kecil dalam keluarga.

Ide munculnya program ini datang dari Mustakim yang awalnya merasa prihatin dengan dua hal. “Pertama, saya prihatin melihat sarana MPC Perwakilan BKKBN Sultra yang nampaknya sudah lama tidak memproduksi apa-apa atau produksinya kembang kempis. Tidak ada hasil produksi dari MPC yang sifatnya rutin.”

“Kedua, saya prihatin karena tahun 2024 ini, mungkin karena bersamaan dengan tahun pemilu, belum apa-apa sudah muncul rencana refocusing anggaran, dan anggaran di Tim HALAKIEMAS untuk media atau KIE cukup besar dipotongnya,” ungkap Mustakim.

Agar program Omega tetap berjalan, solusinya kata Mustakim, “Saya harus mengajak teman-teman yang bekerja di BKKBN Sultra yang punya bakat bermain drama untuk bisa mendukung program Omega tanpa ada honor/insentif tambahan. Sebagai penyaluran hobi semata.”

Demikian penjelasan doktor ilmu manajemen lulusan Universitas Haluoleo ini bersemangat. Ketika ditanya ‘kenapa dirinya juga ikut terjun bermain drama’, Mustakim yang pernah bertugas di kantor BKKBN Pusat ini menjelaskan, “ya, saya harus turun gunung. Kalau sewa pemain dari luarkan harus dibayar.”

* Episode Pertama Omega

Program Omega dihadirkan kemungkinan seminggu sekali di setiap akhir pekan, digagas oleh seseorang yang memang memiliki kemampuan ber-teater. “Alhamdulillah, kebetulan masih ada sisa ilmu akting saya karena sewaktu kelas 3 SMA dan beberapa tahun setelahnya saya pernah dipercaya menjadi ketua Teater Anom di Cirebon,” urai Mustakim.

Bukan sebatas itu. Pada kurun waktu 2003 – 2005, Mustakim juga pernah menjadi pembina dan pelatih drama di Sanggar Oheo Kendari (SOK). “Insya Allah masih adalah sisa-sisanya dan sambil terus belajar tentunya,” jawab Mustakim meyakinkan.

Mustakim, sosok yang sering malang melintang mengisi khutbah Jum’at dan ceramah agama Islam di banyak masjid di wilayah Kota Kendari ini menjelaskan, untuk episode pertama Omega akan menampilkan pembicaraan tentang problem keluarga dengan anak sangat banyak, sementara kepala keluarga.hanya berprofesi sebagai pekerja bangunan.

Lawan main Mustakim untuk omega episode pertama ini adalah Mulyono yang sehari-hari berprofesi sebagai driver di Perwakilan BKKBN Sultra.

“Untuk hasil omega episode pertama saat ini masih dalam proses pengeditan. Insya Allah dalam waktu dekat akan ditayangkan,” jelas Mustakim optimis.*

Penulis: Mujahidin
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Senin, 29 Januari 20224

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.