HALMAHERA BARAT, BKKBN — Pemerintah daerah perlu melakukan akselerasi terkait strategi percepatan penurunan stunting dalam mendekati target nasional 14% stunting di akhir 2024.

Hal itu diingatkan Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Utara, Nuryamin, saat melakukan audiensi dengan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar) selaku Tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten Halbar, Djufri Muhammad. Audiensi berlangsung di Kantor Bupati Halbar, Kamis (25/01/2024).

“Strategi akselerasi dalam percepatan penurunan stunting perlu dilakukan oleh semua pemerintah daerah (pemda). Hal ini agar mencapai atau mendekati target nasional yang ditetapkan pemerintah,” tandas Nuryamin.

Untuk Halbar, capaian prevalensi stunting berada di angka 23,9 persen, berada tipis di atas capaian nasional 21,6 persen di 2022. Ia optimis Halbar mampu menurunkan prevalensi stunting sesuai target nasional.

“Saya optimis Halbar bisa mencapai target nasional 14 persen, melihat kolaborasi dari tiap lintas sektor yang dikomandoi Ketua Tim.Percepatan Penurunan Stunting (TPP berjalan baik dan terintegrasi,” tambahnya.

Terkait capaian realisasi anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Subbidang KB untuk Kabupaten Halmahera Barat tahun 2023, Nuryamin menyampaikan realisasinya 95,87 persen. “Harapannya, di tahun 2024 ini realisasi anggaran bisa mencapai 100 persen dan tercapai pula outputnya,” jelas Nuryamin

• Kolaborasi

Wakil Bupati Halbar, Djufri Muhammad, mengatakan bahwa kolaborasi yang dibangun dalam penanganan stunting tidak serta merta terwujud, akan tetapi merupakan komitmen setiap OPD dalam mewujudkan generasi bebas stunting di Halmahera Barat.

“Dalam mengawali kolaborasi ini tidak terbentuk serta merta. Banyak sekali masalah yang dihadapi. Salah satunya pemaduan anggaran. Akan tetapi hal itu dapat diatasi atas dasar komitmen masing-masing OPD dalam mewujudkan generasi bebas stunting di Halmahera Barat,” ujar Djufri Muhammad.

Wakil Bupati juga menegaskan, “Kami berkomitmen siap kerja ikhlas dan kerja cerdas dalam mensukseskan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting di Halmahera Barat.” n

Penulis: Indra G. Rukmana
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Jumat, 26 Januari 2024

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.