PALANGKA RAYA, BKKBN — Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, dr. Jeanny Yola Winokan, MAP beserta jajaran melakukan audiensi sekaligus menyerahkan Pagu Anggaran DAK BOKB Tahun Anggaran 2024 secara simbolis kepada Pj. Bupati Katingan, Saiful, S.Pd, M.Si, di Ruang Rapat Bupati, Senin (15/1/2024).

Pj. Bupati Katingan menyambut baik kedatangan Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Tengah beserta jajaran. Dan sekaligus memberikan apresiasi atas dukungan BKKBN dalam percepatan penurunan stunting di Kabupaten Katingan.

Menurut bupati, pihaknya akan memanfaatkan Dana Alokasi Khusus Bantuan Operasional Keluarga Berencana (DAK BOKB) secara maksimal dan akan berfokus pada beberapa wilayah yang memiliki angka stunting cukup tinggi.

“Semoga audiensi ini dapat mempertajam strategi percepatan penurunan stunting di Kabupaten Katingan. Kami juga akan memonitoring dan mengevaluasi penyebaran anggaran dan program yang berjalan di lapangan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BKKBN Kalteng, dr. Jeanny Yola, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pj. Bupati Katingan beserta jajaran atas perhatian dan komitmennya terhadap program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting.

“Kami berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Katingan dalam mendorong lintas sektor untuk bersama-sama bergerak melakukan intervensi sensitif dan spesifik dalam program Percepatan Penurunan Stunting,” tutur dr. Jeanny.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Katingan, Pransang, S.Sos, mengatakan akan segera mendorong seluruh Camat untuk bergerak dalam percepatan penurunan stunting.

“Kami akan memantau semua dana stunting yang tersebar di dinas dan akan segera mensosialisasikan program Percepatan Penurunan Stunting pada saat Musrenbang yang akan dilaksanakan di empat Zona,” tuturnya.

Lebih lanjut Pransang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Katingan sudah menganggarkan dana posyadu untuk percepatan penurunan stunting di tujuh kelurahan di tahun 2024.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala DP3AP2KB Kabupaten Katingan, dr. Robertus Pamuryanto, beserta jajaran.

Penulis: Susi Firdayanto
Editor: Santjojo Rahardjo

Hari, Tanggal Rilis: Selasa, 16 Januari 2024

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.