MAKASSAR, BKKBN — Remaja memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa. Untuk itu,  mereka harus  menjadi generasi hebat, sehat dan berkualitas. 

“Remaja memiliki peranan penting dalam pembangunan bangsa karena remaja akan melahirkan generasi-generasi yang akan datang menuju tahun keemasan pada 2045. Oleh karena itu, kalian harus mampu menjadi generasi hebat, sehat, dan berkualitas, sehingga mampu bersaing dengan negara maju lainnya.”

Demikian Deputi bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga BKKBN RI, Nopian Andusti, SE, MT mengatakan pada  sosialisasi advokasi dan KIE pencegahan stunting dari hulu, di hotel M Regency, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar, Jumat (15/12/2023).

 

Kegiatan ini dihadiri langsung  anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Aliyah Mustika Ilham, SE, M.AP dan Kepala Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan Shodiqin, SH, MM. 

Sementara Hj. Aliyah Mustika Ilham dalam sambutannya fokus pada persoalan remaja. Ia berharap   Duta GenRe (Generasi Berencana) bisa menjadi figur dan mampu membantu pemerintah dalam memberikan pemahaman tentang dampak buruk  menikah pada usia anak. Termasuk  dalam program pencegahan stunting mulai dari hulu hingga hilir. 

“Harapan kami, remaja di Sulawesi Selatan  bisa berkolaborasi dalam memberikan pemahaman kepada teman sebaya  untuk tidak melakukan pernikahan dini. Dan melaksanakan rekomendasi BKKBN, yakni menikah pada usia minimal 21 tahun untuk wanita dan 25 tahun untuk pria,” ujar Hj. Aliyah. 

Menurut Hj. Aliyah, remaja berperan sebagai pemutus rantai kasus stunting melalui program pencegahan stunting dari hulu. Caranya, dengan memperbaiki derajat gizi keluarga, tidak terburu-buru menikah dan menghindari perilaku berisiko. 

Melalui program GenRe, Hj. Aliyah berharap  kegiatan ini  mampu membekali remaja  di Sulawesi Selatan dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga sehingga negara ini akan menghasilkan sumber daya manusia yang sehat dan berkualitas. n

Penulis: Indra G. Rukmana

Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Jumat, 15 Desember 2023

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.