MANADO, BKKBN —Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII  Kolonel  Laut (P)  Suryai,  mewakili   Danlantamal VIII,   Laksamana  Pertama  TNI  Nouldy  J  Tangka, meresmikan Kampung Bahari Nusantara  binaan Lantamal  VIII,  bertempat di  Desa  Komang  Desa  Kalinaun, Kecamatan  Likupang Timur, Kabupaten  Minahasa  Utara, Sulawesi Utara, Senin (4/12/2023).

kampung Bahari Nusantara merupakan salah satu program TNI-AL untuk mengangkat potensi maritim wilayah pesisir di Indonesia yang terbagi menjadi lima klaster, yakni Klaster Pertahanan  memiiki  misi   memberdayakan  masyarakat pesisir sebagai komponen pendukung pertahanan negara

Klaster Ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Klaster Edukasi mengemban misi meningkatkan pengetahuan dan wawasan masyarakat terkait teknologi dan nilai-nilai kebangsaan.

Klaster Kesehatan berisi penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat melalui peningkatan pelayanan puskesmas dan pondok bersalin desa (polindes). Klaster Pariwisata untuk memberdayakan desa menjadi destinasi wisata bahari yang berkelanjutan.

Peresmian yang dirangkai dengan kegiatan bakti sosial kesehatan ini bertujuan untuk mewujudkan keserasian, keselarasan dan kesimbangan antara kuantitas, kualitas, persebaran penduduk, lingkungan hidup, serta meningkatkan kualitas keluarga sehingga mampu bersaing dengan bangsa-bangsa maju.

Dalam peresmian itu Lantamal VIII  menggandeng BKKBN  Sulawesi Utara sebagai  mitra  kerja, khususnya  pada   kegiatan bakti  sosial  kesehatan.

Pada kegiatan itu BKKBN  Sulut menggelar  pelayanan KB   dan   sosialisasi tentang  program  percepatan  penurunan  stunting. Materi sosialisasi disampaikan   Ketua   Pokja   Peningkatan Kualitas Keluarga  Berencana/Kesehatan  Reproduksi, Ignasius P.  Worung, SE, M.Si.

Pelayanan dan sosialisasi ini dirangkai dengan pelayanan Posyandu berupa  pemeriksaan ibu hamil, penimbangan bayi dan balita serta pemberian makanan tambahan yang  dikoordinir   TNI-AL.

Hadir  pada pencanangan  tersebut Asisten  II  Kabupaten  Minahasa  Utara, Kadis  Perikanan  Kabupaten  Minahasa Utara, SMR  Komunikasi  dan  Keuangan  PT  PLN,

Wakil  Ketua  Korcab VIII DJA II, Camat  Likupang  Timur, dan Lurah  se  Likupang  Timur. n

penulis: Vin Mamarodia

Editor : Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis : Kamis, 07 Desember 2023

*Media Center BKKBN*

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1 

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBNB

badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting._