BARITO SELATAN, BKKBN —  Generasi remaja yang berkualitas akan berpengaruh terhadap pembangunan ke depan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Barito Selatan akan terus mendukung kegiatan yang dilaksanakan remaja sehingga terwujud remaja  berkualitas.

Hal itu dikatakan Pj. Bupati Barito Selatan yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rahmat Nuryadin, SH, MH, pada kegiatan “Genre Menyapa”. 

Kegiatan ini diselenggarakan Forum GenRe Kalimantan Tengah, bertempat di Aula Bappeda Kabupaten Barito Selatan, beberapa hari lalu.  Dilaksanakan juga di  Kota Palangka Raya dan Kabupaten  Kotawaringin Barat.  

Agenda utama kegiatan GenRe (Generasi Berencana) Menyapa ini  adalah temu sapa dan sharing Ayah dan Bunda GenRe  Kalimantan Tengah bersama pengurus forum GenRe se-Kalimantan Tengah tentang isu yang terjadi pada remaja saat ini. 

Dalam kesempatan ini Ayah GenRe Kalimantan Tengah, Jaya Samaya Monong, SE, M.Si,  dan Bunda GenRe  Kalimantan Tengah, Mimie Mariati Jaya Samaya Monong, SE, menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mendukung kegiatan remaja. 

Ayah dan Bunda GenRe Kalteng mengingatkan pemerintah kabupaten/kota tidak boleh hanya fokus membangun insfrastruktur, tapi juga harus membangun SDM yang berkualitas, unggul dan berencana. 

Pengurus GenRe juga harus aktif berkoordinasi dengan dinas terkait serta melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan. Harapannya agar anak-anak tetap semangat dalam melaksanakan tugas yang telah diamanahkan selaku Duta GenRe dan pengurus Forum GenRe. 

Remaja sebagai role model bagi teman sebayanya harus menjadi anak-anak yang ‘smart’, secara ‘attitude’ dan emosional serta harus selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Investasi terbesar keluarga adalah pada generasi penerusnya. Kesehatan, kesiapan, pendidikan dan pola asuh keluarga menentukan ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga menentukan kualitas anggota keluarga. Kualitas anggota keluarga menentukan kualitas bangsa. 

“Mari, bangun bangsa ini dengan mempersiapkan generasi penerus yang berencana, berkarakter, dan berkualitas. Kontribusi terbesar remaja untuk masa depan bangsa adalah dengan menjaga pergaulan dan mempersiapkan masa depan sebaik mungkin,” ucap Ayah GenRe Kalimantan Tengah dalam closing statementnya.

Kegiatan yang dibuka dengan suguhan tarian dari Pengurus Forum GenRe Barito Selatan, ditutup dengan pembagian souvenir bagi peserta yang berpartisipasi aktif dalam sesi sharing dan diskusi bersama Ayah dan Bunda GenRe Kalimantan Tengah.

Hadir Kepala Perwakilan BKKBN  Kalimantan Tengah diwakili  Ketua Pokja Ketahanan Remaja dan Ketua Pokja KIE, Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Barito Selatan, Kepala Dinas DP2KBP3A Kabupaten Gunung Mas dan jajaran, Pengurus Forum GenRe  Kalimantan Tengah.

Juga hadir Duta GenRe Kabupaten Barito Selatan, Pengurus Forum GenRe Kabupaten Barito Selatan, Pengurus Forum GenRe Kabupaten Barito Utara, dan Pengurus Forum GenRe Kabupaten Barito Selatan, Pengurus Forum GenRe Kabupaten Barito Utara, dan Pengurus Forum GenRe Kabupaten Barito Timur. n

Penulis: Susi Firdayanto

Editor : Santjojo Rahardjo

Tgl. Rilis: Minggu, 26 November 2023

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.