Siaran Pers BKKBN
Nomor : 1286/M.C/X/2023

Happy, Wakil Jawa Tengah Raih Juara Favorit GenRe Putri di Adujaknas 2023

SEMARANG, BKKBN — Vionita Happy Cahyadi meraih Juara Favorit GenRe Putri di acara Apresiasi Duta dan Jambore Ajang Kreatifitas Remaja Genre Tingkat Nasional (Adujaknas) tahun 2023.

Mewakili Jawa Tengah, putri kelahiran Temanggung ini melaju dengan membawa program dan komitmennya dalam turut serta mengambil peran perubahan, advokasi, dan edukasi perubahan perilaku pada remaja Indonesia.

“Saya siap untuk menjadi role model dan mencontohkan hal yang baik dimulai dari diri saya sendiri. Dan saya akan mengajak remaja di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan MYP (Meaningful Youth Participation), dalam menyukseskan SDG (Sustainable Development Goals) atau pembangunan berkelanjutan untuk Indonesia yang kualitasnya lebih baik,” ungkap Happy pada Malam Puncak Adujaknas 2023 di Semarang, Selasa (31/10/2023) lalu.

Happy melaju di Adujaknas GenRe 2023 membawa program unggulan “B to B” (Bersama Untuk Berencana). Yakni sebuah program dalam upaya intervensi stunting melalui pencegahan pernikahan usia dini. Ia menuturkan pernikahan dini menjadi penyumbang terbanyak terjadinya stunting di Jawa Tengah.

“Ada 5.058 kasus pernikahan anak di semester pertama tahun 2022. Hal itu menginisiasi program kerja saya yang bernama ‘B to B’ atau Bersama untuk Berencana yang berisikan edukasi berbasis ‘peer to peer approaching’, dan juga dikemas dalam pengembangan ‘life skill’ remaja,” jelas Happy pada pembukaan Adujaknas GenRe 2023.

Program “B to B” yang ia bawa menjadi ruang produktif bagi remaja untuk aktif dalam kegiatan positif, sehingga tidak menyibukan pada hal yang berakhir pada pernikahan dini.

“Saya berharap dengan kegiatan remaja yang positif, mampu menekan angka pernikahan usia anak, juga kasus kenakalan remaja yang lainya,” tambahnya.

Perihal terpilihnya ia mewakili Jawa Tengah di Adujaknas GenRe 2023, ia merasakan bangga, juga bersyukur. Hal ini karena sebelumnya, tempat ia berasal yakni Duta GenRe Kabupaten Temanggung, dari tahun ke tahun belum pernah menjadi Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah.

Kini ia berhasil mencapai titik tersebut, sebagai Duta GenRe Kabupaten Temanggung. Dan adalah yang pertama dari kabupatennya yang menjadi Duta GenRe Jawa Tengah. Bahkan berkesempatan masuk ke ajang Adujak Nasional di Kota Semarang.

“Pertamakali untuk Temanggung bisa mewakili Duta GenRe Jawa Tengah ke tingkat Nasioal. Saya bangga dan bersyukur, tak lebih juga karena teman-teman kabupaten kota se-Jawa Tengah yang turut mendukung dan mensupport kegiatan kami,” ujarnya.

Melajunya Happy di Adujaknas 2023 lantas bukan sekedar ajang unjuk kemampuan dirinya sendiri. Happy mengungkapkan bahwa ia melaju mewakili 35 kabupaten kota se Jawa Tengah. Tidak ada tendensi ingin mewakili diri sendiri, ataupun merasa mewakili Kabupaten Temanggung saja.

Adujaknas 2023 mengangkat Tema ‘Bergerak Bersama, Berkolaborasi dalam Mewujudkan Remaja yang Bermakna Menuju 13 yang Selaras’. Menurut Happy, memaknasi ‘Menuju 13 yang Selaras’, selain momentum 13 tahunnya GenRe Indonesia mengabdi, ini juga selaras dengan visi yang dibawa oleh GenRe Jawa Tengah.

“Forum GenRe Jawa Tengah, Duta GenRe Jawa Tengah, sepakat dan kompak dalam bersama selaras se-Indonesia untuk bisa menekan angka permasalahan remaja di Indonesia,” tegas Happy sebelum Malam Puncak Adujaknas GenRe 2023, di Taman Indonesia Kaya, Kota Semarang.

Taman Indonesia Kaya menjadi lokasi malam final pemilihan Duta GenRe Indonesia. Walikota Semarang Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, mengungkapkan pemilihan lokasi di outdoor adalah untuk memberikan pengalaman lebih kepada para peserta GenRe yang sudah datang jauh lintas provinsi ke Kota Semarang.

“Saya minta kegiatannya ada di outdoor. Selain akan lebih bagus, jumlah supporter juga bisa lebih banyak. Dan akan memberikan kesan yang mendalam pada kegiatan ini, ” kata Mbak ita, sapaan hangat Wali Kota Semarang.

Lain Happy, lain pula Iqbal Febrian. Mewakili Duta GenRe Putra Jawa Tengah, ia bersama Happy menembus Top 13 Duta GenRe Indonesia. Meskipun tidak sampai meraih juara, namun Duta GenRe Putra dari Surakarta ini tetap berjuang maksimal dan mendedikasikan kemampuanya. Seperti halnya dedikasi dan janji diri Duta GenRe, yakni “setahun menjabat, selamanya mengabdi”.

“Sebagai Duta GenRe, mewakili Jawa Tengah di Adujaknas 2023, tentu rasanya sangat luar biasa. Dan kami percaya bahwa setiap hal yang telah kami lakukan pasti akan berbuah hasil,” ungkap pemilik progam “Ranting Gaharu” ini.

“Ranting Gaharu” (Gerakan Cegah Stunting Jaga Harapan Indonesia Ku) menjadi program yang diunggulkan Iqbal untuk maju di Adujaknas GenRe 2023. Kepedulianya pada kasus stunting yang terus menaik di daerah asalnya, lantas menjadikan motivasi untuk berbuat lebih.

Angka prevalensi stunting Jawa Tengah yang berada di angka 20,8 persen juga menjadi perhatian Iqbal, sehingga hal itu mengantarkannya pada Duta GenRe Provinsi Jawa Tengah 2023, dan akhirnya menjadi delegasi pada moment Adujaknas GenRe 2023 di Kota Semarang.

Sebelumnya, GenRe Jateng juga meraih TOP 3 Forum GenRe Terbaik Nasional, dan Juara 3 PIK-R percontohan untuk kategori BERAKSI, yakni PIK-R Cakra Wijaya.

“Capaian ini adalah buah hasil kerjasama yang solid dari rekan-rekan di forum GenRe Jawa Tengah. Ini juga menjadi apresiasi dan motivasi lebih, karena upaya yang dilakukan selama ini melalui program-program GenRe berhasil di masyarakat, dan mendapat penghargaan pada moment Adujak GenRe 2023,” ungkap Ketua GenRe Jawa Tengah, Hijrianda Niko Larizky.

Niko menambahkan GenRe Jawa Tengah meraih Top 3 Nasional tak lepas dari program-program unggulan yang telah dilakukan. Seperti program “GenRe Mengabdi” yang melakukan advokasi, motivasi dan edukasi remaja sampai ke daerah pelosok.

Begitupun PIK-R Cakra Wijaya, dari Kabupaten Tegal yang meraih penghargaan PIK-R Percontohan pada kategori “Beraksi”, yakni usia 15 sampai 19 tahun. Cakra Wijaya memiliki makna “Mengudara sampai mencapai kejayaan”.

Salah satu tujuan terbentuknya PIK-R Cakra Wijaya adalah terpromosikannya program GenRe kepada kelompok remaja yang ada di ruang lingkup sekolah maupun masyarakat di Kabupaten Tegal khususnya.

Prestasi yang diraih kontingen Jawa Tengah di Adujaknas GenRe 2023 adalah bukti komitmen dan keseriusan GenRe Jawa Tengah dalam mengambil peran pada perubahan pola perilaku remaja, menuju generasi remaja Indonesia yang lebih baik.

Apresiasi tertinggi dari Perwakilan BKKBN Jawa Tengah untuk seluruh peserta kontingen GenRe Jawa Tengah.

Kalian Luar Biasa.
Salam GenRe,
Saatnya yang Muda yang Berencana. n

Penulis: Dadang
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Kamis, 02 November 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.