Siaran Pers BKKBN
Nomor : 1270/M.C/X/2023

BKKBN Maluku Raih Sertifikat Anti Penyuapan ISO 37001:2016

AMBON, BKKBN—
Perwakilan BKKBN Maluku berhasil meraih Sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016. Sertifikat ini diberikan Direktur PT. Garuda Sertifikasi Indonesia, Ir. Johny S. Salim, MM, secara daring melalui aplikasi zoom, minggu lalu (25/10/2023).

SMAP sebagaimana tertuang dalam ISO 37001:2016 adalah serangkaian standar untuk membantu organisasi baik sektor publik, swasta dan nirlaba dalam membangun, mengimplementasikan, dan terus meningkatkan program kepatuhan. Tujuannya untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mendeteksi penyuapan.

Dalam upaya meraih Sertifikasi SMAP SNI ISO 37001:2016, berbagai mekanisme dan tahapan penilaian telah dilalui Perwakilan BKKBN Maluku.

Kepala Perwakilan BKKBN Maluku Dra. Renta Rego mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama Inspektorat Wilayah I BKKBN yang telah membina dan membimbing sehingga lembaganya mendapatkan Sertifikat SMAP SNI ISO 37001:2016.

Dengan diterimanya SMAP ISO, Renta Rego mengharapkan lembaganya dapat memperoleh Zona Intergritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Sementara itu, Sekretaris Utama BKKBN RI Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si. yang juga hadir pada kegiatan tersebut menegaskan bahwa penerapan proses Anti Penyuapan di BKKBN Maluku jangan hanya berhenti pada saat acara penyerahan saja, namun semangat anti korupsi harus terus tumbuh.

Senada dengan Sestama, Inspektur Utama BKKBN RI Ari Dwikora Tono, Ak, M. Ec. Dev menyampaikan selamat kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku dan jajaran dan berharap pengelolaan proses bisnis di lembaga tersebut dapat dimitigasi lebih awal. Ini agar penerapan anti korupsi dan tata kelola manajemen dapat berlangsung sesuai penerapan SNI ISO 37001:2016.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut diikuti seluruh jajaran ASN Perwakilan BKKBN Maluku, OPDKB 11 Kabupaten/Kota di Maluku, Satgas Percepatan Penurunan Stunting Maluku serta PKB/PLKB se Maluku. n

Penulis: Krisna Soselisa
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Senin, 30 Oktober 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.