BANJARBARU, BKKBN — Walikota Banjarbaru, HM. Aditya Mufti Ariffin, SH, MH, mengatakan  suatu bangsa sejahtera dan cerdas karena di dalamnya banyak dihuni keluarga-keluarga sejahtera. Karenanya, keluarga adalah pilar utama bangsa. 

“Suatu bangsa ada karena adanya keluarga.” Demikian dikemukakan Walikota Banjarbaru pada peringatan  Hari Keluarga Nasional (Harganas) dan Hari Anak Nasional tingkat Kota Banjarbaru, bertempat di Gedung Bina Satria Kota Banjarbaru, Selasa (29/8/2023).

Di depan 300 peserta yang menyemut di lokasi kegiatan, peringatan Harganas  dan Hari Anak Nasional kali  ini melibatkan Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBMP2A).

Walikota juga menyampaikan harapannya kepada forum anak dan keluarga-keluarga di Kota Banjarbaru. “Eksistensi forum anak hendaknya mendukung seluruh kegiatan dan aktivitas anak-anak sebagai agen pelopor dan pelapor. Juga kepada keluarga yang baik akan membentuk generasi yang baik, dan keluarga yang sehat akan membentuk generasi emas penerus masa depan Kota Banjarbaru yang lebih baik,” tuntas Aditya.

Pada kesempatan itu diserahkan bantuan kepada Keluarga Berisiko Stunting dan Anak Stunting. Juga diserahkan   penghargaan kepada Kader TPK (Tim Pendamping Keluarga) Kota Banjarbaru.

Penghargaan ini diberikan untuk membangkitkan motivasi Tim Pendamping Keluarga (TPK) atas pendampingan yang selama ini telah diberikan, baik kepada calon pengantin ataupun ibu hamil.

Peringatan  Hari Keluarga Nasional tahun ini mengusung tema “Menuju Keluarga Bebas Stunting untuk Indonesia Maju”. Sedangkan Peringatan Hari Anak Nasional bertemakan, “Anak Terlidungi, Indonesia Maju”.

Kedua makna ini sangat berketerkaitan erat sebagai kepedulian langsung dari pemerintah daerah terhadap perlindungan anak agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Pemerintah Kota Banjarbaru juga menjadikan kota layak anak sebagai indikator kinerja utama dalam upaya pembangunan sumber daya manusia. 

Semangat mewujudkan kota layak anak  berarti juga menguatkan komitmen  bersama seluruh unsur masyarakat dalam upaya memberikan edukasi kepada keluarga tentang pentingnya pemahaman penanganan stunting.

Dihadiri oleh Ketua TP PKK Kota Banjarbaru, Filza Mar’i Isa az-Zubedi yang kerap disapa vivi Zubaedi, kegiatan ini terkesan sangat meriah. Terlebih banyak anak yang hadir dan menampilkan talenta mereka. n

Penulis: Risna Yulida

Editor: Santjojo Rahardjo

Hari/Tanggal Rilis: Kamis, 31 Agustus 2023

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.