Aksi Serentak GenRe Peduli Lingkungan Melalui Suling

Banjarbaru – Generasi Berencana (GenRe) di Kalimantan Selatan menggelar aksi serentak GenRe Peduli Lingkungan melalui program Suling (Susur Sungai Peduli Stunting). Diselenggarakan untuk menekan prevalensi stunting di wilayah tersebut. dalam rangka memperingati International Youth Day 2023.

Bertempat di Kampung Kahimungan RT 4 Kelurahan Banua Anyar, Kota Banjarmasin, Sabtu (19/8/2023), kegiatan yang diselenggarakan memperingati International Youth Day 2023 ini menyasar 62 anak stunting. Kegiatan ini merupakan langkah preventif pencegahan stunting melalui gerakan bebersih lingkungan, khususnya sanitasi, di salah satu sungai di Kota Banjarmasin.

Aksi peduli lingkungan ini merupakan kolaborasi Forum GenRe Indonesia (FGI) Kalimantan Selatan bersama Duta GenRe Kalimantan Selatan tahun 2022 Tajmila dan Duta GenRe 2023 Angga Eki.

“Komitmen kami adalah aksi ini menjadi langkah preventif dari salah satu penyebab sensitif stunting yaitu sanitasi,” ungkap Tajmila dan Angga.

Memilih untuk membersihkan sungai, karena Kalimantan Selatan khususnya Banjarmasin dikenal sebagai Kota Seribu Sungai. Sungai memegang peranan strategis, karenanya sangat berpengaruh terhadap kehidupan warga masyarakat. “Setidaknya sanitasi di daerah tersebut menjadi lebih baik,” ujar Tajmila

Saat dikonfirmasi melalui WhatsApp, diwakili Pokja Remaja Rurul Yuliatin, para GenRe pegiat lingkungan itu berharap adanya keterlibatan warga masyarakat secara berkesinambungan dalam kegiatan bebersih sebagai bentuk dukungan terhadap penanganan stunting.

“Alhamdulillah ini warganya menyambut kami dengan baik. Bahkan pak RT-nya mendampingi kami dari awal sampai akhir,” ujar rurul.

Berbagai kegiatan digelar dalam aksi Susur Sungai Peduli Stunting. Usai menyusuri sungai, digelar demonstrasi pembuatan ecobrick di Siring Kota Banjarmasin. Di sini GenRe memberikan edukasi pemanfaatan sampah. Kegiatan ditutup dengan pembagian telur sebagai bentuk kampanye pencegahan stunting.

Tajmila dan Angga juga mengharapkan langkah kecil kolaborasi mereka dapat meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat bahwa penurunan stunting dapat dimulai dari hal kecil dan sederhana seperti mengkonsumsi telur.

“Kami berharap, aksi ini dapat menjadi bukti nyata kepedulian remaja terhadap lingkungan,” pungkas Tajmila dan Angga. n

Penulis : Risna Yulida
Editor: Santjojo Rahardjo

Hari, Tanggal Rilis: Senin, 21 Agustus 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.