Siaran Pers BKKBN

Nomor : 834/M.C/VI/2023

BKKBN Ikuti Expo Pengawasan Intern 2023, Ajang Tukar Inovasi dan Informasi Sekaligus Pencegah Korupsi


JAKARTA — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) berpartisipasi dalam kegiatan Expo Pengawasan Intern Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Senin (19/06/2023), di Pendopo Agung Sasono Utomo – Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Keikutsertaan BKKBN kali ini bertema Integrity For Resilient Family: Approaching To Achieve Golden Generation 2045.

”Kegiatan ekspo pengawasan ini sangat kami nantikan, mengingat momen ini dapat menjadi media pembelajaran untuk saling bertukar pengetahuan, pengalaman, dan praktek terbaik pengawasan modern baik untuk sesama Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) investor pertama, mitra kerja, stakeholder maupun publik,” kata Inspektur Utama BKKBN Ari Dwikora Tono, Ak, M. Ec. Dev.

Untuk menjamin pelaksanaan sesuai kaidah yang berlaku, Inspektorat Utama BKKBN telah melakukan peran consulting dan policy insurance atas program Percepatan Penurunan Stunting serta program lainnya, tambah Ari.

Muhammad Yusuf Ateh, Ak, MBA, selaku kepala BPKB juga menyampaikan rasa syukurnya terhadap antusiasme yang diberikan pada kegiatan ini dan mengharapkan dapat berbagi hasil karya, inovasi, serta informasi sekaligus dapat meminimalisasi risiko penyalahgunaan dan korupsi. Kegiatan Expo Pengawasan Intern 2023 mengundang lebih dari 20 kementerian dan lembaga pemerintah.

Menurut Yusuf, APBN dan APBD harus produktif. Setiap rupiah yang dibelanjakan juga harus menghasilkan hal yang konkrit, tidak hanya menjadi aksesoris lembaga saja, serta adanya keterbukaan data.

“Harus mampu mengikuti perkembangan zaman, mampu mendukung kemajuan, dan mampu mendukung pembangunan yang berkelanjutan. Oleh karenanya APIP yang tersebar di lembaga daerah dan pemerintah harus menjadi penasihat yang bisa dipercaya dalam meningkatkan produktivitas ekonomi dan menyelesaikan berbagai program penting dalam RPJMN 2024,” ujar Yusuf.

Yusuf juga mengingatkan pentingnya semua elemen bekerjasama dan berkolaborasi. “Kita semua untuk bahu membahu, bekerjasama, menciptakan konvergensi, menciptakan pembangunan dan mengusung target-target pembangunan selanjutnya,” tutupnya.

Kegiatan Expo Pengawasan Intern ini diikuti BPKP, 22 APIP, kementerian/lembaga, enam APIP pemerintah daerah, 16 APIP Pemerintah Kabupaten/Kota.

Produk yang ditampilkan antara lain kegiatan pengawasan intern, inovasi pengawasan intern, hasil pengawasan intern, dan produk/jasa/kegiatan unggulan, di bawah tema Inovasi dan Kolaborasi Pengawasan Adaptif untuk Pertumbuhan Berkelanjutan.

Expo Pengawasan Intern Tahun 2023 diadakan bertepatan dengan peringatan HUT ke-40 BPKP. n

Penulis: Rizky Fauzia
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Senin, 19 Juni 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.