SIARAN PERS BKKBN
Nomor: 815/M.C/VI/2023

BKKBN Kalsel Gelar Lomba Rumah Sakit Swasta dan Tempat Praktik Bidan Mandiri Guna Capai Pelayanan KB Berkualitas

 

BANJARMASIN— Boleh jadi jumlah ini cukup memadai. Terdapat 852 fasilitas pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan Keluarga Berencana (KB) di wilayah Kalimantan Selatan.

Setidaknya data itu diambil dari aplikasi New Siga per Januari 2023, dikulik dari sistem pencatatan dan pelaporan BKKBN.

Lalu, bagaimana dengan kualitas pelayanan yang diberikan?

“Masih perlu upaya untuk mendorong fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) agar dapat meningkatkan pelayanan KB,” ujar Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan, Ir. H. Ramlan MA, menggarisbawahi dalam satu pertemuan beberapa hari lalu.

Peningkatan kualitas pelayanan itu tak lain ditujukan bagi rumah sakit swasta dan Tempat Praktik Mandiri Bidan (TPMB). Mereka diharapkan dapat melakukan inovasi dalam meningkatkan pelayanan KB terutama metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Itulah salah satu upaya yang ditempuh BKKBN setempat dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan KB di fasyankes. Upaya yang dapat dilakukan antara lain melalui lomba pelayanan KB terbaik di Rumah Sakit Swasta dan Tempat Praktik Mandiri Bidan.

Lomba ini bertujuan memotivasi fasyankes untuk meningkatkan pelayanan KB terutama MKJP. Sekaligus memberikan penghargaan bagi Rumah Sakit Swasta dan Tempat Praktik Mandiri Bidan berprestasi.

Verifikasi terhadap nominasi telah dilakukan. RS Marina Permata dan Praktik Mandiri Bidan (PMB) Misnawati di Kabupaten Tanah Bumbu, RS Sari Mulia dan PMB Norita Dahlia di Kota Banjarmasin,
adalah para nominator.

Selain itu terdapat juga RS Ciputra di Kabupaten Banjar, PMB Hj. Mariati Elfah di Kabupaten Tabalong, dan PMB Mutiara Bunda di Kabupaten Balangan.

Verifikasi lapangan dilaksanakan dari 8 Juni 2023 sampai 12 Juni 2023 terhadap fasyankes yang datang dari Kabupaten Tanah Bumbu, Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan.

Kepala BKKBN Kalimantan Selatan sangat mendukung dan mengharapkan fasyankes yang memberikan pelayanan KB di Kalimantan Selatan semakin meningkat mutu pelayanannya.

Melalui lomba ini diharapkan rumah sakit swasta yang berprestasi dapat menjadi contoh atau model bagi Rumah Sakit Swasta dan Tempat Praktik Mandiri Bidan lainnya dalam peningkatan kesertaan ber-KB dan pelayanan KB MKJP di Provinsi Kalimantan Selatan.

Nantinya, pemenang akan mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengikuti lomba di tingkat pusat. n

Penulis: Media Center BKKBN Kalimantan Selatan
Editor: Santjojo Rahardjo

Tanggal Rilis: Minggu, 11 Juni 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.