SIARAN PERS BKKBN
Nomor: 612/M.C/I/2023

Gelar ASN Culture Festival 2023, Pegawai BKKBN Tidak Boleh Mudah Tersinggung

JAKARTA — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar ASN Culture Festival 2023 yang diikuti oleh seluruh pegawai baik pusat maupun perwakilan, Kamis (19/01/2023).

Dalam pergelaran yang dipusatkan di ruang serba guna dan diikuti secara daring itu, seluruh pegawai BKKBN harus bisa menerapkan nilai-nilai dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) yakni Ber-AKHLAK yang di dalamnya memuat hal agar tidak mudah tersinggung.

“Ketika kita menginternalisasi Ber-AKHLAK di lingkungan kerja, ternyata membawa diri kita menjadi manusia yang berakhlak. Manusia berakhlak itu sebetulnya personal mastery. Master-nya personal itu ketika Anda sudah tidak mudah tersinggung, Anda bisa memaklumi orang lain. Betapa indahnya ketika kita punya teman mudah memaklumi orang lain, tidak mudah tersinggung, bahasanya itu dia selalu creative tension, tidak emotional tension,” kata Kepala BKKBN Dr. (H.C) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G. (K) saat menyampaikan sambutan pembukaan.

Menurut Hasto, jika creative tension itu ya logika agak dikembangkan sedangkan emotional tension itu lebih banyak perasaan yang dikembangkan. Core Values ASN Ber-AKHLAK menurut Hasto, tidak hanya hafalan, tetapi nilai-nilai yang harus diinternalisasi seluruh ASN di dalam dirinya. Dengan menginternalisasi Ber-AKHLAK di lingkungan kerja, Hasto mengatakan adalah manusia dengan personal mastery atau manusia yang bisa menguasai dirinya.

Ber-AKHLAK adalah nilai-nilai dasar yang harus diterapkan oleh seluruh ASN yang terdiri dari Ber-orientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Penerapan nilai-nilai dalam Ber-AKHLAK khususnya bagi para ASN BKKBN, diharapkan tidak hanya di organisasi, tetapi juga di keluarga karena visi BKKBN tidak hanya pertumbuhan penduduk seimbang tetapi juga membangun keluarga yang berkualitas.

“Harapan saya dari yang ber-AKHLAK ini melalui ASN Culture Festival hari ini untuk menginternalisasi nilai itu, harapan kita itu akan mewarnai keluarga. Jadi nilai-nilai yang bagus di dalam organisasi ASN ini alangkah indahnya kalau itu menjadi bekal dalam rangka kita membangun keluarga yang berkualitas,” kata Hasto.

Ber-AKHLAK sesuai dengan budaya kerja BKKBN yang sudah lama diterapkan yaitu KRN (kerja tuntas, responsif, dan nilai luhur). Hal ini diungkapkan juga oleh Sekretaris Utama BKKBN Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si dalam kesempatan yang sama.

“Jabaran ber-AKHLAK dengan KRN ini sudah nyambung semua nilai-nilai yang ada di ASN kita. Kita ambil contoh misalnya dari ber-AKHLAK ini misalnya yang pertama berorientasi pelayanan. Di situ pemahamannya bagaiaman kita semua sebagai ASN harus mampu memahami apa yang menjadi kebutuhan masyarakat atau customer kita,” ungkap Tavip.

Menurut Tavip, kunci dari nilai pertama yaitu berorientasi pelayanan adalah di jiwa kita yaitu empati, merasakan apa yang dirasakan orang yang akan dilayani agar menciptakan pelayanan prima.

Kemudian akuntabilitas sebagai rasa tanggung jawab dan kejujuran ASN terhadap publik, cermat, dan disiplin. Selanjutnya kompeten, tidak cukup hanya kompeten tetapi proficiate, dimana kita mempunyai kompetensi tinggi dan melakukannya dengan efektif dan efisien, imbuh Hasto.

Nilai berikutnya adalah harmonis dimana logika dan perasaan harus berjalan dan bertaut bersama agar tercipta toleransi, tenggang rasa dan saling membantu dalam tim. Loyalitas kepada Pancasila, UUD 1945, NKRI dapat menciptakan harkat dan martabat negara dan membangun karakter bangsa yang kuat.

ASN yang adaptif pada era transformasi dan disrupsi yang kini terjadi dapat menciptakan transformasi publik yang baik dan berguna bagi masyarakat. Nilai yang terakhir adalah kolaboratif.

“Karena kolaborasi tentu kita ingin sekali justru memenuhi kekurangan-kekurangan kita dari orang lain dan juga kita rela untuk memberikan apa yang kita miliki kepada orang lain atau pihak lain. Nah inilah kolaborasi menjadi sesuatu yang sangat penting. Dan juga sama dasarnya adalah hati dan juga kerelaan kita dan juga bagaimana kita tidak sombong gitu ya. Inilah core value yang penting untuk kita hayati bersama, jangan dihafalkan, tetapi kemudian kita bagaimana menginternalisasi pada diri kita,” tutupnya. n

Penulis: Rizky Fauzia
Editor: Kristianto
Tanggal Rilis: Kamis, 19 Januari 2023

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.