SIARAN PERS BKKBN
Nomor: 557/M.C/XII/2022

Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2022, BKKBN Bangka Belitung Borong 7 Penghargaan

PANGKAL PINANG— Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) secara nasional telah memutakhirkan 35.309.446 dari 68.487.139 data keluarga pada Pemutakhiran Pendataan Keluarga 2021 (PK-21) tahun 2022.

BKKBN juga mencatat pada 2022 adanya penambahan 2.271.917 keluarga dibandingkan data keluarga pada 2021. Pemutakhiran PK-21 Tahun 2022 yang berlangsung dari September hingga November itu dilaksanakan oleh Kader Pendata di daerah-daerah yang juga merupakan Penyuluh Keluarga Berencana (Penyuluh KB). Para Penyuluh KB ini dikoordinasikan oleh BKKBN Perwakilan dari seluruh Provinsi.

Dalam Diseminasi Hasil Pemutakhiran PK-21 Tahun 2022 yang berlangsung pada Senin (19/12/2022) lalu, Perwakilan BKKBN Provinsi Bangka Belitung meraih penghargaan terbaik dari tujuh kategori.

Pada Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 ini, Bangka Belitung meraih apresiasi pada kategori. Kategori Penghargaan itu meliputi, pertama sebagai BKKBN Provinsi Tercepat Mendata; kedua, BKKBN Provinsi dengan Strategi Pelaksanaan Terbaik; ketiga, memborong penghargaan untuk kategori Kabupaten/Kota Tepat Waktu Mendata dengan Capaian 100% pada tanggal 31 Oktober 2022 yaitu Kabupaten Belitung Timur, Bangka Selatan, Belitung dan Bangka; Keempat, Komitmen 100% Smartphone; Serta Kelima, Sub Koordinator Data dan Informasi Terbaik yang diraih Utiwi Dardini, S.Psi.

Sementara pada Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Berisiko Stunting Tahun 2022, Bangka Belitung memperoleh apresiasi pada kategori Provinsi dengan Cakupan Kepala Keluarga Terverifikasi dan Tervalidasi Tertinggi dan Kabupaten/Kota dengan Cakupan Kepala Keluarga Terverifikasi dan Tervalidasi Tertinggi yaitu Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fazar Supriadi Sentosa menerima penghargaan untuk Pemutakhiran Pendataan Keluarga Tahun 2022 dan Verifikasi dan Validasi Data Keluarga Berisiko Stunting Tahun 2022 di Hotel Santika BSD.
Penghargaan ini adalah bukti kerja keras seluruh Tim Pendata dari Tingkat Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan beserta seluruh kader pendata yang berjumlah 1.422 orang.
“Kami sangat berbahagia dengan diterimanya penghargaan ini yang memberi semangat untuk bekerja lebih keras lagi agar data tersebut disa digunakan oleh BKKBN dan Kementerian lain sehingga intervensi penurunan stunting bisa cepat dicapai,” kata Fazar yang ditemui Jumat (23/12/2022).

Kunci utama keberhasilan Pemutakhiran PK-21 tahun 2022 di Bangka Belitung adalah penggunaan 100% smartphone yang didukung oleh kesiapan seluruh lini lapangan dalam menggunakan smartphone.

Menurut Sekretaris Tim Posko Pemutakhiran PK-22 Provinsi Bangka Belitung sekaligus Sub Koordinator Data dan Informasi, pencapaian ini didapatkan dari tingginya komitmen kader untuk mendata keluarga sesuai dengan jadwal yang ditetapkan dan ada target yang ditetapkan yaitu setiap kader harus mendata 10 KK per hari.

Selain itu juga dilakukan monitoring berjejang dari tingkat desa oleh supervisor, tingkat kecamatan oleh manager dan tingkat Kabupaten/Kota oleh OPD KB. Tim Posko Pemutakhiran PK-22 Provinsi Bangka Belitung Bidang Manajemen Data Terpadu juga melakukan monitoring setiap harinya baik untuk ketercapaian hasil pemutakhiran data maupun kendala yang dihadapi Tim Lini Lapangan dalam melakukan pemutakhiran dan pengumpulan PK-22.

Utiwi Dardini, peraih apresiasi pada kategori Sub Koordinator Data dan Informasi Terbaik, mengungkapkan PPK 22 ini waktunya sangat padat dan singkat sehingga perlu komitmen dari seluruh tim dari level Provinsi hingga level RT untuk mengikuti timeline kegiatan yang sudah ditetapkan.

Hasil Pemutakhiran PK-22 digunakan untuk mengukur capaian Program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta sasaran percepatan penurunan prevalensi stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrem. n

Penulis: Yeny Anggraini
Editor: AND

Tanggal Rilis: Jumat, 23 Desember 2022

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.