SIARAN PERS BKKBN
Nomor: 453/M.C/XI/2022

BKKBN Banten Beri Penghargaan TNI Atas Capaian Layanan Akseptor KB Lebih Target

SERANG— Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Banten memberi penghargaan kepada jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) atas dukungan terhadap pelaksananaan pelayanan akseptor Keluarga Berencana (KB) tahun 2022.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, dr. Nurizky Permanajati, M.H dalam TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu (TMKK) Award tahun 2022, di Serang, Provinsi Banten (15/11) mengatakan BKKBN Provinsi Banten berhasil meraih Juara 2 kategori Capaian Pelayanan KB Modern Regional I (dengan Target 140.000 s.d 626.000) dengan capaian target 118,09%.

Menurut Nurizky, TMKK Award tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan bentuk apresiasi kepada para mitra khususnya TNI dan OPD KB terhadap capaian hasil Pelayanan KB Terintegrasi TNI Manunggal Bangga Kencana-Kesehatan Terpadu Tahun 2022 serta percepatan penurunan stunting di Provinsi Banten.

”BKKBN Banten mendapatkan apresiasi atas capaian hasil pelayanan KB, sesuai dengan Keputusan Kepala BKKBN Nomor 3842/Kep/E3/2022 tentang Penetapan Penerima Penghargaan Pelayanan Keluarga Berencana TMKK Kolaborasi BKKBN dan TNI dalam rangka Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022. Capaian tersebut merupakan bukti kerja keras dan kerja cerdas BKKBN Provinsi Banten dengan TNI dan mitra kerja lainnya yang terus bergotong royong melaksanakan berbagai program,”lanjut Nurizky.

Nurizky mengatakan bahwa muara dari semua ini adalah penurunan stunting di Banten. Pelayanan KB Terintegrasi dengan TMKK ini juga merupakan salah satu implementasi Peraturan Presiden Nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.

Lebih lanjut, Ia mengatakan pencegahan stunting baiknya dilakukan dari hulu, salah satunya dengan Empat Terlalu (4T) adalah Terlalu Muda, Terlalu dekat, Terlalu Tua, Terlalu banyak, karena dengan mengatur jarak kehamilan dan jumlah anak , orang akan lebih fokus terhadap pola pengasuhan serta asupan gizi keluarga beresiko stunting, mulai dari anak remaja puteri/calon pengantin, Ibu Hamil, Ibu Pasca Salin, Anak Baduta (0-23 bulan), anak Balita (24-59 bulan)

Sementara itu, Pasi Bakti TNI Siter Ren 064/MY, Mayor Gimin sangat bangga atas terpilihnya Korem 064/MY sebagai Korem terbaik pada TMKK Award 2022. “Saya sanga mengapresiasi BKKBN Banten atas terselenggaranya TMKK Award 2022 ini, kami dari Korem 064/ MY mendukung penuh dan berkomitmen untuk terus membantu BKKBN dalam melaksanakan program Bangga Kencana dan Percepatan penurunan stunting di Provinsi Banten,” tutur Gimin

“TNI akan selalu siap mendukung program BKKBN Provinsi Banten karena TNI itu tidak bisa dipisahkan dengan kegiatan kemasyarakatan dan program BKKBN juga merupakan tugas kami,” pungkasnya.
Berikut daftar penghargaan dalam TMMD awards 2022:
– Korem terbaik : Korem 064/Maulana Yusuf
– Babinsa terbaik: Peltu Kusdi Babinsa Koramil 11/Pasar Kemis
– Fasyankes TNI terbaik: Balai pengobatan Lanal Banten

Capaian pelayanan KB tertinggi:
– Juara 1: DPPKB Kabupaten Tangerang dan Kodim 0510/Tigaraksa Kabupaten Tangerang
– Juara 2: DP3AP2KB Kota Tangsel dan Kodim 0506/Tangerang
– Juara 3: DP3AP2KB Kabupaten Lebak dan Kodim 0603/Lebak

Peserta aktif dalam kegiatan TMKK:
– Korem 052/Wijayakrama
n

Penulis: Chathiyana Fafilaya
Editor: AHS

Tanggal Rilis: Rabu, 16 November 2022

Media Center BKKBN
mediacenter@bkkbn.go.id
0812-3888-8840
Jl. Permata nomor 1
Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.