JAKARTA — Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) menggelar kegiatan Api Semangat Bela Negara kepada 333 Calon Pegawai Negeri Sipili (CPNS), Jumat, 23 September 2022.

 

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian Agenda Pelatihan Dasar CPNS Golongan II DAN III Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh seluruh CPNS Tahun 2021 di halaman Kantor BKKBN Pusat, Jakarta Timur.

Kepala Pusat Pendidikan, Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana BKKBN Dr. Drs. Lalu Makripuddin, M.Si selaku pimpinan acara mengatakan, kegiatan ini digelar secara hybrid di sembilan lokasi, yaitu Pusdiklat Kependudukan dan KB, Balai Diklat Bogor, Balai Diklat Garut, Balai Diklat Banyumas, Balai Diklat Ambarawa, Balai Diklat Malang, Balai Diklat Jember, Balai Diklat Pati dan Balai Diklat Cirebon.

“Saya mengajak seluruh Peserta Pelatihan Dasar CPNS BKKBN Golongan II dan Golongan III Tahun 2022 untuk senantiasa mengingat dan meneguhkan tekad kita, sesuai bidang profesi kita masing-masing dalam rangka Bela Negara untuk membangun kejayaan bangsa”, kata Makripuddin. 

Oleh karena itu ada lima pesan yang dititipkan Makripuddin kepada seluruh peserta. Pertama, meningkatkan kemauan serta ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap pekerjaan.

Kedua, memegang teguh kehormatan dalam bekerja, utamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan lainnya.

“Ketiga, Jangan mudah terpengaruh dan terprovokasi dengan segala tipu muslihat yang dapat menghancurkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya.

Lalu keempat, memberikan darma bakti terbaik dalam setiap pekerjaan dan jadikan sebagai ladang ibadah untuk kehidupan abadi dengan tidak melanggar ketentuan hukum yang dapat menurunkan citra pribadi, citra institusi, serta citra bangsa dan Negara.

Terakhir, menjaga solidaritas dan kekompakan yang sudah terbangun guna mendukung pelaksanaan tugas ke depan sesuai bidang tugas dan jabatan masing-masing

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan kepada kita semua, dalam melanjutkan pengabdian kepada bangsa dan negara”, tutup Makripuddin.

Untuk diketahui, pada tahun 2021 BKKBN telah menerima sebanyak 333 orang CPNS yang terdiri dari Golongan III sejumlah 276 orang dan Golongan II sejumlah 57 orang. Adapun CPNS yang ditempatkan di BKKBN Pusat sebanyak 79 orang dan 254 lainnya ditempatkan di 30 Perwakilan BKKBN Provinsi. n (TWD).

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1 

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.