JAKARTA—Sebanyak 333 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dari seluruh Indonesia mulai mengikuti pelatihan dasar, Senin (19/09/2022).

Dalam pelatihan dasar yang dibuka Sekretaris Utama BKKBN Drs. Tavip Agus Rayanto, M.Si ini diikuti seluruh CPNS BKKBN yang terdiri dari 276 orang golongan III dan 57 orang Golongan II. Pelatihan Dasar CPNS BKKBN dilakukan sebagai upaya membentuk fondasi kuat PNS yang profesional dan karakter yang dibentuk oleh sikap dan perilaku bela negara untuk mewujudkan Smart Governance. 

Selain itu juga membentuk nilai dasar PNS dengan Core Value Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada tahun 2021 yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

“Esensi utama dari pelaksanaan pelatihan terintegrasi ini adalah untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang tugas dari para Calon Pegawai Negeri Sipil dengan didasari Core Value Aparatur Sipil Negara (ASN) yaitu BerAKHLAK,” jelas Tavip.

Sebagai pelayan masyarakat, Pegawai Negeri Sipil di era revolusi industri 4.0 harus dapat responsif terhadap perkembangan teknologi yang kini memasuki tantangan fenomena disruptive innovation. 

Literasi digital kini mutlak dimiliki seluruh ASN karena ASN dituntut untuk bisa aktif, adaptif, fleksibel dan selalu berinovasi agar bisa mengikuti perkembangan teknologi. 

Maka dari itu Pelatihan Dasar CPNS BKKBN kali ini dirancang lebih adaptif, dinamis, fleksibel, dan responsif sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 10 Tahun 2021. 

“Peserta Pelatihan akan diminta berpartisipasi aktif pada tiap tahapan penyelenggaraan pelatihan dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dikombinasikan dengan pembelajaran yang terintegrasi secara nasional dalam sistem informasi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara yang telah dikembangkan oleh Lembaga Administrasi Negara,” kata Tavip.

Tavip juga berharap, internalisasi Core Value BerAKHLAK tidak hanya untuk mendukung dan meningkatkan kompetensi serta pencapaian kerja individu namun juga mendukung pelayanan publik BKKBN kepada masyarakat sesuai employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. 

Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III Tahun 2022 di Lingkungan BKKBN diselenggarakan secara Distance Learning dalam Keadaan Darurat atau Keadaan Tertentu karena memperhatikan kondisi masa pandemi COVID-19 masih berlangsung. Pelatihan ini dilakukan dengan 4 tahap dan berlangsung dari tanggal 9 September hingga 26 Desember 2022. 

Pembentukan Karakter PNS pada kurikulum pelatihan ini akan difokuskan melalui pembelajaran 4 (empat) agenda yaitu Agenda Sikap Perilaku Bela Negara; Agenda Nilai Nilai Dasar PNS; Agenda Kedudukan dan Peran PNS untuk mendukung terwujudnya Smart Governance dan Agenda Habituasi. Para penyaji materi dalam Pelatihan Dasar CPNS berasal dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, Kementerian Pertahanan, Para Pejabat Tinggi Madya BKKBN, dan Widyaiswara BKKBN. n (RFS)

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1 

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.