BANJARMASIN—Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. HC dr. Hasto Wardoyo, Sp. O.G.(K) mengukuhkan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menjadi Bapak Asuh Anak Stunting, Selasa (06/09/2022).

Prosesi pengukuhan sendiri dilaksanakan di Kampung KB Baiman, di Jalan Kuin Utara Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Hadir dalam prosesi pengukuhan tersebut, Danrem 101 Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito.

Dalam kesempatan tersebut, dr. Hasto mengapresiasi upaya pemerintah Kota Banjarmasin dalam percepatan penurunan stunting, terutama kesediaan Walikota Banjarmasi menjadi Bapak Asuh Anak Stunting.

“Jadi saya kira gotong royong yang ditujukan pak Wali luar biasa dan tentunya istimewa karena ini untuk pertama kalinya Walikota dikukuhkan sebagai bapak asuh anak stunting,” kata dr. Hasto.

Disamping itu dr. Hasto juga berharap, apa yang telah dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin dapat menjadi best practice dalam percepatan penurunan stunting di Kalimantan Selatan.

“Pak Wali bisa menjadi best practice di Kalimantan Selatan.Ini lho Banjarmasin dengan cara khasnya Pak Wali, mudah-mudahan stuntingnya teratasi dengan baik ya, itu saya kira harapan saya,” ujar dr. Hasto.

Disamping mengukuhkan Walikota Banjarmasin menjadi Bapak Asuh Anak Stunting dr. Hasto juga mengikuti secara langsung launching Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung KB Baiman Kuin Utara, Banjarmasin.

Dirinya pun menyambut positif upaya Pemkot Banjarmasin yang sudah menginisiasi Dashat dan BAAS dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak seperti TNI maupun swasta.

“Apalagi ada dari pihak swasta juga yang dilibatkan. Kemudian Danrem 101/Antasari yang juga sangat luar biasa memberikan dukungan. Dan harapan kami, Banjarmasin bisa berkontribusi dalam upaya penurunan angka stunting di Kalsel yang masih sekitar 30 persen,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengajak seluruh unsur Forkopimda Kota Banjarmasin untuk menjadi Bapak Asuh Anak Stunting.

“Tentu semua anggota Forkopimda mudah mudahan nanti bisa menjadi bapak asuh bagi anak anak stunting di Kota Banjarmasin supaya angkanya bisa cepat turun, kalau bukan kita siapa lagi yang menangani masalah ini dan kalau bukan sekarang kapan lagi,” kata Ibnu Sina.

Disamping itu ia juga menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kepala BKKBN ke Bumi Kayuh Baimbai.

“Terima kasih kepada Kepala BKKBN yang sudah berkunjung ke Kuin Utara dan telah memberikan edukasi banyak sekali kepada kita untuk penurunan angka stunting, dan nilai-nilai kebaikannya itu ada di sini,” kata Ibnu Sina. n (Kalsel/RPT)

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id 

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1 

Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.