YOGYAKARTA— Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ikut hadir pada malam puncak Apresiasi Duta Generasi Berencana (Genre) dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional tahun 2022 yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Yogyakarta, Minggu (21/08/2022) malam.

“Pertemuan Genre se-Indonesia sama supporter sepak bola sama-sama ramainya. Kami serius dan kami senang karena BKKBN sekarang sangat proaktif. Kalau kita diajak berpartner dari daerah, kita senang. Termasuk mereka-mereka ini (remaja),” kata Ganjar yang ditemui awak media dalam acara tersebut.

Menurut Ganjar, jika hendak menyiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan dengan segala tantangannya, maka para remaja itu harus bebas dari pengaruh narkotika dan obat-obatan terlarang. Para remaja juga harus menghindari pernikahan dini, yang saat ini jumlah cukup banyak terjadi di Indonesia.

“Mereka (para remaja) harus bebas dari perkawinan dini yang hari ini banyak. Bahkan tadi dari BKKBN menyampaikan ada janda usia siswa atau JUS ini mulai banyak ditemukan. Maka generasi kita akan terancam kalau seperti ini. Kalau mereka menikah di usia dini, tentu mentalnya nggak siap, kesehatannya nggak siap, potensi stuntingnya juga tinggi.,” kata Ganjar.

 

Dengan adanya pemilihan Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja yang dihelat BKKBN, Ganjar mengatakan bahwa itu merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap para remaja. 

 

“Generasi Berencana dikumpulkan dapat perhatian penuh dari pemerintah, termasuk pemerintah daerah. Diharapkan mereka makin kreatif, makin sering ketemu makin banyak ditugasi sehingga mereka akan menjadi spoke person yang akan berbicara kepada generasinya. Ee, jangan menikah dini ya. Ee,, jangan terlibat narkoba. Ayo sekolah menggapai cita-cita maka potensi-potensi terjadinya pernikahan dini bisa dicegah,” jelas Ganjar.

Ganjar juga menyampaikan pesan kepada para remaja Indonesia untuk menghindari hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, free sex, mengonsumsi obat-obatan terlarang atau narkoba, mengonsumsi minuman beralkohol, dan melakukan sesuatu yang merugikan diri sendiri.

“Ikut forum Genre. Kembangkan potensi diri, habiskan waktu muda dengan berkontribusi kepada Bangsa Indonesia. Rangkul teman-teman yang lain untuk mewujudkan remaja indonesia yang sehat, cerdas dan ceria,” ujar Ganjar.

Gema Malam Genre yang merupakan puncak Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja tingkat nasional 2022 digelar di Ballroom The Rich Hotel Yogyakarta, Minggu (21/08/2022) malam. Lebih dari 1000 remaja se-Indonesia hadir dalam perhelatan tahunan BKKBN ini. 

 

 

 

Dalam Gema Malam Genre yang mengambil tema “Panggilan Aksi Genre Indonesia Terlibat Penuh Makna Cegah Stunting (Menguat – Menggema)” hadirKepala BKKBN Dr. (HC) dr. Hasto Wardoyo, Sp.O.G (K), Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Hadir juga Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati yang dikukuhkan sebagai Bunda Genre Indonesia.

Pada Gema Malam Genre yang merupakan kegiatan puncak Apresiasi Duta Genre Indonesia dan Jambore Ajang Kreativitas Genre yang diselenggarakan mulai 17 hingga 21 Agustus 2021 juga diumumkan para pemenang Duta Genre Indonesia tahun 2022. Seluruhnya ada 68 Duta Genre putra dan putri yang mewakili 34 provinsi yang ikut dalam pemilihan.

I Kadek Marssel Bagia Sedana dari Provinsi Bali terpilih sebagai Juara I Duta Genre Indonesia Putra tahun 2022. Sedangkan Duta Genre Indonesia Putri tahun 2022 terpilih sebagai Juara I adalah Novera Mawaddah Khairani dari Provinsi Riau.

Kegiatan Apresiasi Duta Genre dan Jambore Kreativitas Remaja merupakan acara rutin untuk mempertemukan remaja usia 16-22 tahun. Kegiatan ini digelar sejak 2010 sebagai wujud komitmen BKKBN dan Genre untuk meningkatkan kualitas remaja Indonesia melalui kegiatan pemberdayaan dan pemilihan Duta Genre setiap tahunnya.

Tahun 2022 ini, kegiatannya diperluas yakni dengan adanya peluncuran Duta Genre di setiap desa dan kelurahan di seluruh Indonesia. Supaya cakupannya lebih luas dan selaras dengan program pembangunan Presiden Joko Widodo yakni membangun dari desa-desa.

Apresiasi Duta Genre dan Jambore Ajang Kreativitas Remaja ditujukan untuk memupuk rasa kebersamaan, memupuk semangat para remaja, serta sebagai wadah pertukaran informasi dan pengalaman tentang implementasi program Genre dan juga salah satu media pengembangan kapasitas bagi remaja.

Dengan adanya Duta Genre maka sosialisasi dan promosi program Genre akan lebih efektif karena komunikasi yang lebih terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh, dan untuk remaja. Duta Genre akan memberi nilai lebih dalam sosialisasi dan promosi program Genre. n (AHS/TWD)

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.