JAKARTA— Yayasan Dompet Dhuafa dan Kimia Farma menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk menggarap program Bidan Inspiratif untuk percepatan penurunan stunting.

Hal tersebut terungkap dalam audiensi Dompet Dhuafa dengan Kepala BKKBN dr. Hasto Wardoyo di ruang sekretariat stunting, Rabu (13/07/2022).

Dompet Dhuafa melalui Layanan Kesehatan Cuma-Cuma mencoba menghadirkan lebih banyak bidan di pelosok negeri untuk membantu para calon ibu merawat buah hati selama masa kandungan hingga lahir ke dunia dan meminimalisir resiko kematian ibu saat melahirkan.

Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Kimia Farma yang memiliki kegiatan sosial perusahaan (corporate social responsibilty/CSR) untuk menampung inovasi para bidan dalam membuat program inspiratif di Masyarakat dengan program Bidan Inspiratif. Bidan Inspiratif merupakan program yang menginspirasi dan memotivasi semua pihak, khususnya bidan.

Melalui isu pencegahan stunting, para bidan terpilih dalam program ini memiliki semangat juang tinggi untuk tetap mengabdi dan melayani di tengah pandemi.

Kolaborasi antara Dompet Dhuafa dan Kimia Farma ini dinamai Program Bidan Inspiratif Untuk Negeri. Program ini akan mengapresiasi inovasi-inovasi para Bidan terkait implementasi dalam bidang kesehatan Ibu dan anak juga dalam rangka percepatan penurunan stunting.

“BKKBN memiliki Tim Pendamping Keluarga di seluruh Indonesia yang di dalam nya terdiri dari Bidan, nanti bisa disinergikan dan mengikuti program Bidan Inspiratif Untuk Negeri ini”, kata dokter Hasto.

“Bidan merupakan sosok yang paling bisa dipercaya dalam melayani dan memeriksa tumbuh kembang anak-anak. Selain memiliki izin legal melakukan praktik di desa, bidan juga mampu mendampingi keluarga terutama dalam memberikan pengetahuan seputar kesehatan,” tambah Hasto.

 

Dengan masih tingginya angka stunting di 7 provinsi diharapkan para bidan di provinsi tersebut dapat bersinergi dengan program Bidan Inspiratif Untuk Negeri, sehingga mendapatkan edukasi guna percepatan penurunan stunting dan kesehatan Ibu anak. n (AND)

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1

Halim Perdanakusumua, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting