JAKARTA— Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada Rabu (15/06/2022) lalu berhasil melampaui target yang ditetapkan, yakni 117,59 persen.

 

Kendati demikian BKKBN kembali menggelar pelayanan KB serentak yang pelaksanaannya berbarengan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 pada 29 Juni 2022.

Direktur Bina Akses Pelayanan KB BKKBN Dr. H. Zamhir Setiawan, M.Epid, Minggu (26/06/2022) mengatakan, pelayanan KB ini digelar sebagai rangkaian Puncak Hari Keluarga Nasional di Kota Medan, Sumatera Utara, pada 7 Juli 2022 mendatang.

“Tanggal 29 Juni kita akan melakukan pelayanan kembali secara serentak di Kota Belawan di 21 kecamatan dan 42 lokus dengan target 3.541 akseptor,” kata Zamhir.

Sementara itu, lanjut Zamhir, pada Puncak Perayaan Harganas 7 Juli di Kota Medan, BKKBN secara simbolik juga akan menggelar kembali pelayanan KB di Lapangan Merdeka yang terdiri dari pelayanan KB Metode Operasi Pria (MOP), IUD atau KB spiral, implan, suntik, pil, dan KB Pasca Persalinan dengan menyediakan dua unit mobil pelayanan.

“Di dalam dua unit mobil pelayanan, kita mempersiapkan akseptor implan dan akseptor MOP untuk diwawancarai Bapak Presiden Joko Widodo,” ujarnya.

Sebelumnya, Pelayanan Sejuta Akseptor yang digelar BKKBN sukses melebihi target yang ditentukan dari 1.101.206 menjadi 1.294.882 akseptor atau tercapai 117,59% dari target yang ditentukan.

Sebanyak 31 provinsi telah mencapai target dengan urutan peringkat 3 besar yaitu Yogyakarta 224,2%, Sumatera Barat 187,0% dan Maluku 183,1%. Sedangkan 3 provinsi yang tidak mencapai target yang telah ditetapkan yaitu Jawa Tengah 89,9%, Bali 70,5% dan Kalimantan Barat 41,3%.

Puncak Perayaan Harganas Ke 29 yang mengusung Tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” akan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo setelah menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke sejumlah negara di Eropa.

Perhelatan ini akan digelar secara hybrid, dan diikuti sekitar 105 ribu orang baik langsung maupun daring,

Ada empat kegiatan unggulan yang telah diusung BKKBN dalam acara tersebut, yakni Bapak Asuh Anak Stunting, Sepekan Elsimil, Semarak Kampung KB, dan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA).

Harganas Ke 29 juga menjadi ajang konsolidasi dan kooordinasi bagi tim Percepatan Penurunan Stunting Kabupaten/Kota dan Provinsi. Nantinya kepala daerah berprestasi yang telah berhasil mengendalikan stunting di wilayahnya akan mendapat penghargaan dari BKKBN di acara puncak Harganas 2022.

Selain itu juga akan diberikan penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan dan Satyalancana Wira Karya dari Presiden serta Penghargaan Manggala Karya Kencana, Darma Karya Kencana dari Kepala BKKBN. n (FBA)

 

Media Center BKKBN

mediacenter@bkkbn.go.id

0812-3888-8840

Jl. Permata nomor 1

Halim Perdanakusumua, Jakarta Timur

 

Tentang BKKBN

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) adalah lembaga yang mendapat tugas untuk mengendalikan jumlah penduduk melalui penyelenggaraan program kependudukan dan Keluarga Berencana, serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia melalui pembangunanan keluarga berdasarkan Undang-Undang Nomor 52 tahun 2009  tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga.

BKKBN ditunjuk sebagai Ketua Koordinator Percepatan Penurunan Stunting berdasarkan Peraturan Presiden nomor 72 tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting